PENYUSUNAN RENCANA BISNIS
Oleh
Nama
Ketua/NIM/Fakultas :______________________________________________
Nama Anggota/NIM/Fakultas :
_____________________________________________
NAMA USAHA
:______________________________________________________________
JENIS USAHA
:______________________________________________________________
PRODUK :
______________________________________________________________
PROGRAM
PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA
BERBASIS
APLIKASI TEKNOLOGI UNGGULAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN 2014
PANDUAN
Pepatah mengatakan “Rencanakan pekerjaan Anda dan
kerjakan rencana Anda”. Panduan ini telah diciptakan sebagai alat untuk
melaksanakan dan mengembangkan usaha Anda.
Dengan mengalokasikan waktu dan perhatian ke dalam
Panduan ini, Anda akan dapat menetapkan arah untuk menciptakan sebuah kehidupan
yang berkelimpahan.
Ingat, MANUSIA
TIDAK BERENCANA UNTUK GAGAL, MEREKA GAGAL UNTUK MEMBUAT RENCANA. Jadi
pastikan kesuksesan Anda dengan membuat rencana yang matang. Anda pantas untuk
melakukannya!
Langkah
Pertama: Situasi Saat Ini
Apa
yang membuat Anda berbeda, Apa Visi dan Misi Anda?
Keunikan Produk Usaha saya/kami adalah:
1.
2.
3
.
Visi dari usaha saya/kami adalah:
Misi saya/kami untuk mencapai Visi tersebut
adalah:
Cara kami
untuk mencapai visi adalah
Analisa
Situasi Saat Ini Usaha saya/kami (Dapat
diilustrasikan dengan foto-foto usaha)
Analisa Kesenjangan: (Dapat dilustrasikan dengan foto-foto)
Analisa S.W.O.T:
Strengths (Kekuatan) dapat didukung dengan foto visual)
Weaknesses (Kelemahan) (dapat didukung dengan foto
visual)
Opportunities
(Kesempatan) dapat didukung dengan foto visual)
Threats (Ancaman)
dapat didukung dengan foto visual)
Langkah
Kedua & Ketiga : Bagaimana anda mengekskusi rencana anda
Mengidentifikasi
tujuan dan strategi serta menentukan cara-cara untuk mengimplementasikannya
Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang Anda
butuhkan untuk mencapai kesuksesan, sekarang waktunya untuk memastikan bahwa
semua hal tersebut dapat disatukan untuk mendukung Anda. Akan tetapi apabila
Anda melakukannya dengan terburu-buru dan mencoba melakukan semuanya sekaligus,
Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa saja atau akan menajdi
semakin frustrasi.
Untuk memastikan bahwa usaha Anda berada di
posisi yang tepat untuk memanfaatkan aktifitas pemasaran yang akan dilakukan di
kemudian hari seefektif mungkin, yang juga untuk pertumbuhan usaha, sangatlah
penting untuk melakukan rencana kerja langkah demi langkah yang terorganisir
untuk membantu Anda menuju kepada keadaan / situasi yang Anda inginkan.
Panduan ini dibuat berdasarkan kepada 5 Langkah
Kewirausahaan. Dan walaupun kami telah memasukan seluruh tahapan dari
langkah-langkah tersebut, pada akhirnya akan terserah kepada Anda kembali
sejauh mana Anda akan menerapkannya ke dalam usaha Anda.
5 Langkah Kewirausahaan
|
LANGKAH 5 – ke mana Anda akan
membawa tim dan sistem Anda secara bersama-sama untuk mendapatkan HASIL yang
maksimal dari usaha Anda tanpa Anda perlu berada di dalam usaha tersebut à Ini
Adalah Mimpi Saya Hasil Usaha Akan Terus Mengalir Tanpa Saya Perlu Berada
Didalam Usaha Tersebut
|
LANGKAH 4 – langkah selanjutnya adalah
untuk membuat karyawan Anda bekerja sebagai Tim dalam penerapan strategi kepada
orang lain melalui pendidikan/pelatihan sehingga Anda akan benar-benar dapat
mengandalkan mereka apabila Anda sudah tidak berada lagi di dalam usaha
tersebut.
|
LANGKAH 3 – adalah membuat peningkatan
yang lebih jauh dengan menggunakan sistem dan teknologi, sehingga Anda dapat
memperoleh lebih banyak dan mengerjakannya dengan lebih efisien (do more with
less) untuk mewujudkan sebuah usaha yang dapat berjalan dengan baik tanpa Anda
berada di dalamnya.
|
LANGKAH 2 – PEMASARAN. Kita akan
mengembangkan Penjualan Keunikan Produk (USP-Unique Selling Point) & Jaminan
yang sangat kuat. Kita juga akan mengerjakan bagaimana mendapatkan lebih banyak
calon prospek untuk usaha Anda, merubah Prospek menjadi Konsumen (Sales) dan
membuat mereka membeli lebih sering dari Anda dan membelanjakan uangnya lebih
banyak lagi kepada Anda.
|
LANGKAH 1 – adalah tentang penguasaan
dasar-dasar dari usaha Anda dan meletakan fondasi yang kuat untuk membangun
usaha. Tetapkanlah Key Performance Indicator (KPI) untuk keuangan dan pemasaran.
Sehingga kami akan dapat mengamati nilai Anda di permainan usaha dengan mudah.
LANGKAH 1: Fundamental
Tujuan:
Nyatakan
tujuan dengan angka
Penjualan dalam Unit, atau dalam rupiah
Laba atau
margin yang anda inginkan
Keuangan:
Nyatakan
posisi keuangan saat ini untuk apa saja dana digunakan tuliskan secara rinci
Sumber
dana :
Sumber Dana Dana Dikti Rp
Sumber Dana sendiri
Sumber Dana Lainnya
Penggunaan
Dana :
Beli barang modal
Modal kerja :Rp
Dlll
Neraca: adalah
keseimbangan aset yang dimiliki dan kewajiban usaha
Tuliskan
Aset/aktiva
yang diiliki
Aset
Lancar
Kas yang ada saat ini
Nilai Piutang
Nilai Persediaan Barang
Aset
Tidak Lancar
Barang Tidak bergerak
Peralatan Dagang
Etalase
dll
Kewajiban
Hutang
Modal sendiri
Total
Aktiva = Total Kewajiban
Rugi / Laba:
Nilai Penjualan
Biaya Bahan Baku Langsung
Biaya Tenaga kerja langsung
Biaya Tetap
Biaya pemasaran
Biaya adm
Total Biaya
Laba Kotor ( Nilai Penjualan – Total
Biaya)
Arus Kas:
Kas Masuk
Kas Keluar
Saldo kas ( Kas Masuk – Kas Keluar )
Penguasaan Proses
Hal-hal apa saja yang menjadia strategi anda yang berkaitan dengan
penguasaan proses bisnis anda (misalnya penguasaan terhadap proses produksi,
penguasaan terhadap jaringan distribusi dll)
Penguasaan
Waktu
Nyatakan bagaimana anda mengatur waktu yang tersedia
dan anda alokasikan terhadap bisnis anda
LANGKAH
2: Produktivitas
Bagian ini membahas tentang bagaimana membedakan usaha Anda dari para
Pesaing (Competitor), termasuk mempromosikan usaha Anda dan menghasilkan
penjualan dari promosi tersebut.
- SIAPA Target Konsumen Anda: (Nyatakan siapa
saja konsumen anda)
- Konsumen
- Agent (Nyatakan siapa saja agen distribusi anda)
Tujuan-tujuan Memprospek:
Prospek adalah
kunci keberhasilan usaha Anda. Tanpa Prospek Anda tidak akan memiliki Konsumen.
Setelah Anda dapat mendefinisikan Konsumen Anda yang ideal , sekarang mulailah
untuk mendapatkan perhatian mereka
KONSUMEN
Bagaimana cara mendapatkan perhatian konsumen anda
AGENT
Bagaimana cara-cara bekerja sama dengan agen distribusi
produk anda
PENJUALAN KEUNIKAN PRODUK
- Unique Selling Point (USP): (Nyatakan apa saja yang menjadi keunikan produk
anda
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
AIDA
Perhatian (Attention): Apa yang
dapat membuat konsumen mempehatikan produk anda
Ketertarikan (Interest) : (Apa
yang membuat konsumen tertarik pada produk anda)
Keinginan (Desire) : Apa yang
membuat konsumen ingin membeli produk anda
Tindakan (Action) : (Apa yang
harus anda lakukan merealisasikan dari prospek menjadi pembeli
Mempertahankan Konsumen -
Retensi
Mengapa tidak membuat Konsumen untuk membeli dari Anda lebih sering?
Mereka adalah Konsumen Anda….sekarang buat mereka untuk membeli lagi… dan
membeli lagi…
Strategi dan Taktik
Tuliskan
apa saja yang harus anda lakukan
LEVEL
3: Mempermudah
Bagian ini
membahas bagaimana cara meningkatkan apa yang Anda lakukan dengan usaha Anda
(Leverage).
Bagaimana Anda
dapat memperoleh lebih banyak dengan mengerjakannya dengan lebih efisien (do
more for less)
Manusia
Bagaimana cara anda untuk memperkerjakan karyawan dan
membantu menegmbangkan usaha anda
Pemasaran
Bagaimana rencana pemasaran anda
Keuangan
Bagiamana rencana keberlanjutan keuangan anda
Sistem
Bagaiaman
SOP yang anda buat sehingga mempermudah pekerjaan anda
LEVEL 4: Memperbanyak
Sekarang waktunya
untuk membuat Tim yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Tim adalah kunci di
mana usaha Anda dapat berjalan dengan baik tanpa Anda harus berada di dalamnya.
1. Kepemimpinan
Bagaimana
cara anda untuk memimpin tim anda dalam menjalakan usaha anda
2. Penerimaan
Tenaga Kerja (Recruitment)
Bagaimana
anda melakukan rekruitmen tenaga kerja
3. Pengembangan
Bagaimana
anda akan mengembangkan usaha anda
4. Komunikasi
Bagaimana
anda mengkomunikasikan bisnis anda pada anggota tim
5. Penilaian
Berapa skor
usaha anda, apa yang menjadi skor anda
Tanpa
membuat skor untuk menilai bisnis anda, berarti anda adalah termasuk orang yang
gagal sebelum berperang
Tidak
dapat dinyatakan apakah anda sukses atau gagal idak jika anda tidak memiliki
papan skor
Password Masuk
ke Zona Sukses
Kesuksesan adalah
SMART (Spesific, Measureable, Achievable,Rarely, Timelines).
Janji dan
Komitmen Anda
Sekarang yang dibutuhkan adalah Janji
dan Komitmen yang sungguh-sungguh kepada diri Anda sendiri bahwa ANDA AKAN
MENERAPKAN PANDUAN ini.
Idealnya, Anda akan menyelesaikan PANDUAN Rencana Kerja 60 Hari ini dan
segera membuat PANDUAN yang baru untuk 60 Hari Kerja berikutnya dan seterusnya
dan seterusnya.
Pada
hari ini: ……………………………………………………………………………..
Saya
berjanji akan melakukan dan menerapkan dengan sungguh-sungguh seluruh rencana
yang telah tertera di dalam PANDUAN ini
Tanda
tangan: …………………………………………………………………………….
Himbauan:
Luangkan waktu secara teratur untuk mengevaluasi
kemajuan yang telah diperoleh dalam rangka mencapai tujuan Anda. Ada
kemungkinan bahwa strategi-strategi dan tindakan tersebut perlu dimodifikasi
untuk mencapai tujuan Anda. Kadangkala perlu dilakukan revisi selama Anda
berjalan dengan rencana kerja Anda. Anda mungkin perlu untuk menaikan tingkatan
tujuan Anda, meningkatkan strategi-strategi Anda atau tindakan Anda dan
lain-lain. Sangatlah penting bagi Anda untuk melihat mana yang dapat Anda
pergunakan dan mana yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda.
Jujur dalam menganalisa. Jangan ragu untuk
melakukan penyesuaian apabila memang dibutuhkan. Apabila Anda menemukan hal-hal
yang perlu direvisi,, lakukan secepatnya. Revisi adalah kondisi atau hal yang
wajar. Tetapi jangan membuat revisi karena Anda tidak fokus dan atau kehilangan
momentum / kesempatan.
Yang terpenting adalah tetap bersikap positif,
tetap fokus dan jaga agar proses dan kesempatan yang ada tetap berjalan. Jangan
biarkan kegagalan atau perubahan mempengaruhi niat Anda untuk mencapai tujuan
Anda. Kegigihan dan ketekunan Anda akan memberikan kelimpahan yang Anda
inginkan dan harapkan.
SELAMAT
ANDA DAN USAHA ANDA
MASUK KEDALAM ZONA SUKSES
0 comments:
Posting Komentar