Sabtu, Oktober 11

PENYUSUNAN RENCANA BISNIS

Picture 255
PENYUSUNAN RENCANA BISNIS


Oleh

Nama  Ketua/NIM/Fakultas              :______________________________________________
Nama Anggota/NIM/Fakultas          : _____________________________________________

NAMA USAHA :______________________________________________________________

JENIS USAHA :______________________________________________________________

PRODUK        : ______________________________________________________________







PROGRAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN MAHASISWA
BERBASIS APLIKASI TEKNOLOGI UNGGULAN
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
TAHUN 2014
PANDUAN
Pepatah mengatakan “Rencanakan pekerjaan Anda dan kerjakan rencana Anda”. Panduan ini telah diciptakan sebagai alat untuk melaksanakan dan mengembangkan usaha Anda.
Dengan mengalokasikan waktu dan perhatian ke dalam Panduan ini, Anda akan dapat menetapkan arah untuk menciptakan sebuah kehidupan yang berkelimpahan.
Ingat, MANUSIA TIDAK BERENCANA UNTUK GAGAL, MEREKA GAGAL UNTUK MEMBUAT RENCANA. Jadi pastikan kesuksesan Anda dengan membuat rencana yang matang. Anda pantas untuk melakukannya!
 
Langkah Pertama: Situasi Saat Ini
Apa yang membuat Anda berbeda, Apa Visi dan Misi Anda?
Keunikan Produk Usaha saya/kami adalah:
1.
2.
3
.
Visi dari usaha saya/kami adalah:







Misi saya/kami untuk mencapai Visi tersebut adalah:
Cara kami untuk mencapai visi adalah



Analisa Situasi Saat Ini Usaha saya/kami  (Dapat diilustrasikan dengan foto-foto usaha)





Analisa Kesenjangan:  (Dapat dilustrasikan dengan foto-foto)





Analisa S.W.O.T:
Strengths (Kekuatan) dapat didukung dengan foto visual)






Weaknesses (Kelemahan) (dapat didukung dengan foto visual)






Opportunities (Kesempatan) dapat didukung dengan foto visual)







Threats (Ancaman) dapat didukung dengan foto visual)






Langkah Kedua & Ketiga : Bagaimana anda mengekskusi rencana anda

Mengidentifikasi tujuan dan strategi serta menentukan cara-cara untuk mengimplementasikannya

Setelah mengetahui hal-hal apa saja yang Anda butuhkan untuk mencapai kesuksesan, sekarang waktunya untuk memastikan bahwa semua hal tersebut dapat disatukan untuk mendukung Anda. Akan tetapi apabila Anda melakukannya dengan terburu-buru dan mencoba melakukan semuanya sekaligus, Anda mungkin akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa saja atau akan menajdi semakin frustrasi.
Untuk memastikan bahwa usaha Anda berada di posisi yang tepat untuk memanfaatkan aktifitas pemasaran yang akan dilakukan di kemudian hari seefektif mungkin, yang juga untuk pertumbuhan usaha, sangatlah penting untuk melakukan rencana kerja langkah demi langkah yang terorganisir untuk membantu Anda menuju kepada keadaan / situasi yang Anda inginkan.
Panduan ini dibuat berdasarkan kepada 5 Langkah Kewirausahaan. Dan walaupun kami telah memasukan seluruh tahapan dari langkah-langkah tersebut, pada akhirnya akan terserah kepada Anda kembali sejauh mana Anda akan menerapkannya ke dalam usaha Anda.

5 Langkah Kewirausahaan



Kebebasan
…Pengembangan target / tujuan
 
LANGKAH 5 – ke mana Anda akan membawa tim dan sistem Anda secara bersama-sama untuk mendapatkan HASIL yang maksimal dari usaha Anda tanpa Anda perlu berada di dalam usaha tersebut à Ini Adalah Mimpi Saya Hasil Usaha Akan Terus Mengalir Tanpa Saya Perlu Berada Didalam Usaha Tersebut



Memperbanyak
…Orang yang tepat di posisi yang tepat
 
LANGKAH 4 – langkah selanjutnya adalah untuk membuat karyawan Anda bekerja sebagai Tim dalam penerapan strategi kepada orang lain melalui pendidikan/pelatihan sehingga Anda akan benar-benar dapat mengandalkan mereka apabila Anda sudah tidak berada lagi di dalam usaha tersebut.



Mempermudah
…Efisiensi
 
LANGKAH 3 – adalah membuat peningkatan yang lebih jauh dengan menggunakan sistem dan teknologi, sehingga Anda dapat memperoleh lebih banyak dan mengerjakannya dengan lebih efisien (do more with less) untuk mewujudkan sebuah usaha yang dapat berjalan dengan baik tanpa Anda berada di dalamnya.



Produktivitas
…7 hal tentang Pemasaran
 
LANGKAH 2 – PEMASARAN. Kita akan mengembangkan Penjualan Keunikan Produk (USP-Unique Selling Point) & Jaminan yang sangat kuat. Kita juga akan mengerjakan bagaimana mendapatkan lebih banyak calon prospek untuk usaha Anda, merubah Prospek menjadi Konsumen (Sales) dan membuat mereka membeli lebih sering dari Anda dan membelanjakan uangnya lebih banyak lagi kepada Anda.



Fundamental
…Mengetahui prinsip dasar
 
LANGKAH 1 – adalah tentang penguasaan dasar-dasar dari usaha Anda dan meletakan fondasi yang kuat untuk membangun usaha. Tetapkanlah Key Performance Indicator (KPI) untuk keuangan dan pemasaran. Sehingga kami akan dapat mengamati nilai Anda di permainan usaha dengan mudah.


LANGKAH 1:  Fundamental
Tujuan:
Nyatakan tujuan dengan angka
Penjualan  dalam Unit, atau dalam rupiah
Laba atau margin yang anda inginkan

Keuangan:
Nyatakan posisi keuangan saat ini untuk apa saja dana digunakan tuliskan secara rinci
Sumber dana :
    Sumber Dana Dana Dikti Rp
    Sumber Dana sendiri
    Sumber Dana Lainnya
Penggunaan Dana :
     Beli barang modal
     Modal kerja :Rp
     Dlll

Neraca: adalah keseimbangan aset yang dimiliki dan kewajiban usaha
Tuliskan
Aset/aktiva yang diiliki
Aset Lancar
     Kas yang ada saat ini
     Nilai Piutang
     Nilai Persediaan Barang
Aset Tidak Lancar
    Barang Tidak bergerak
          Peralatan  Dagang
          Etalase
         dll
Kewajiban
    Hutang
    Modal sendiri
Total Aktiva = Total Kewajiban

Rugi / Laba:
Nilai Penjualan
   Biaya Bahan Baku Langsung
   Biaya Tenaga kerja langsung
   Biaya Tetap
  Biaya pemasaran
  Biaya adm
Total Biaya
Laba Kotor ( Nilai Penjualan – Total Biaya)   

Arus Kas:
Kas Masuk
Kas Keluar
Saldo kas ( Kas Masuk – Kas Keluar )
Penguasaan Proses
Hal-hal apa saja yang menjadia  strategi anda yang berkaitan dengan penguasaan proses bisnis anda (misalnya penguasaan terhadap proses produksi, penguasaan terhadap jaringan distribusi dll)


Penguasaan Waktu
Nyatakan bagaimana anda mengatur waktu yang tersedia dan anda alokasikan terhadap bisnis anda



LANGKAH 2:  Produktivitas
Bagian ini membahas tentang bagaimana membedakan usaha Anda dari para Pesaing (Competitor), termasuk mempromosikan usaha Anda dan menghasilkan penjualan dari promosi tersebut.
  1. SIAPA Target Konsumen Anda: (Nyatakan siapa saja konsumen anda)
  1. Konsumen











  1. Agent (Nyatakan siapa saja agen distribusi anda)


Tujuan-tujuan Memprospek:
Prospek adalah kunci keberhasilan usaha Anda. Tanpa Prospek Anda tidak akan memiliki Konsumen. Setelah Anda dapat mendefinisikan Konsumen Anda yang ideal , sekarang mulailah untuk mendapatkan perhatian mereka
KONSUMEN
Bagaimana cara mendapatkan perhatian konsumen anda


AGENT
Bagaimana cara-cara bekerja sama dengan agen distribusi produk anda



PENJUALAN KEUNIKAN PRODUK - Unique Selling Point (USP): (Nyatakan apa saja yang menjadi keunikan produk anda
1.                                                                    
2.                                                                    
3.                                                                    
4.                                                                    
5.                                                                    
6.
7.
8.
9.
10.
11.
12.
AIDA
Perhatian (Attention): Apa yang dapat membuat konsumen mempehatikan produk anda

Ketertarikan (Interest) : (Apa yang membuat konsumen tertarik pada produk anda)



Keinginan (Desire) : Apa yang membuat konsumen ingin membeli produk anda


Tindakan (Action) : (Apa yang harus anda lakukan merealisasikan dari prospek menjadi pembeli



Mempertahankan Konsumen - Retensi
Mengapa tidak membuat Konsumen untuk membeli dari Anda lebih sering? Mereka adalah Konsumen Anda….sekarang buat mereka untuk membeli lagi… dan membeli lagi…
Strategi dan Taktik
Tuliskan apa saja yang harus  anda lakukan



LEVEL 3:  Mempermudah

Bagian ini membahas bagaimana cara meningkatkan apa yang Anda lakukan dengan usaha Anda (Leverage).
Bagaimana Anda dapat memperoleh lebih banyak dengan mengerjakannya dengan lebih efisien (do more for less)
Manusia
Bagaimana cara anda untuk memperkerjakan karyawan dan membantu menegmbangkan usaha anda



Pemasaran
Bagaimana rencana pemasaran anda




Keuangan
Bagiamana rencana keberlanjutan keuangan anda



Sistem
Bagaiaman SOP yang anda buat sehingga mempermudah pekerjaan anda




 

LEVEL 4:  Memperbanyak

Sekarang waktunya untuk membuat Tim yang sesuai dengan yang Anda inginkan. Tim adalah kunci di mana usaha Anda dapat berjalan dengan baik tanpa Anda harus berada di dalamnya.
1. Kepemimpinan
Bagaimana cara anda untuk memimpin tim anda dalam menjalakan usaha anda

2. Penerimaan Tenaga Kerja (Recruitment)
Bagaimana anda melakukan rekruitmen tenaga kerja

3. Pengembangan
Bagaimana anda akan mengembangkan usaha anda

4. Komunikasi
Bagaimana anda mengkomunikasikan bisnis anda pada anggota tim

5. Penilaian
Berapa skor usaha anda, apa yang menjadi skor anda
Tanpa membuat skor untuk menilai bisnis anda, berarti anda adalah termasuk orang yang gagal sebelum berperang
Tidak dapat dinyatakan apakah anda sukses atau gagal idak jika anda tidak memiliki papan skor
Password Masuk ke Zona Sukses
Kesuksesan adalah SMART (Spesific, Measureable, Achievable,Rarely, Timelines).

Janji dan Komitmen Anda
Sekarang yang dibutuhkan adalah Janji dan Komitmen yang sungguh-sungguh kepada diri Anda sendiri bahwa ANDA AKAN MENERAPKAN PANDUAN ini.
Idealnya, Anda akan menyelesaikan PANDUAN Rencana Kerja 60 Hari ini dan segera membuat PANDUAN yang baru untuk 60 Hari Kerja berikutnya dan seterusnya dan seterusnya.

Pada hari ini: ……………………………………………………………………………..

Saya berjanji akan melakukan dan menerapkan dengan sungguh-sungguh seluruh rencana yang telah tertera di dalam PANDUAN ini


Tanda tangan: …………………………………………………………………………….

Himbauan:
Luangkan waktu secara teratur untuk mengevaluasi kemajuan yang telah diperoleh dalam rangka mencapai tujuan Anda. Ada kemungkinan bahwa strategi-strategi dan tindakan tersebut perlu dimodifikasi untuk mencapai tujuan Anda. Kadangkala perlu dilakukan revisi selama Anda berjalan dengan rencana kerja Anda. Anda mungkin perlu untuk menaikan tingkatan tujuan Anda, meningkatkan strategi-strategi Anda atau tindakan Anda dan lain-lain. Sangatlah penting bagi Anda untuk melihat mana yang dapat Anda pergunakan dan mana yang tidak sesuai dengan kemampuan Anda.
Jujur dalam menganalisa. Jangan ragu untuk melakukan penyesuaian apabila memang dibutuhkan. Apabila Anda menemukan hal-hal yang perlu direvisi,, lakukan secepatnya. Revisi adalah kondisi atau hal yang wajar. Tetapi jangan membuat revisi karena Anda tidak fokus dan atau kehilangan momentum / kesempatan.
Yang terpenting adalah tetap bersikap positif, tetap fokus dan jaga agar proses dan kesempatan yang ada tetap berjalan. Jangan biarkan kegagalan atau perubahan mempengaruhi niat Anda untuk mencapai tujuan Anda. Kegigihan dan ketekunan Anda akan memberikan kelimpahan yang Anda inginkan dan harapkan.
SELAMAT
ANDA DAN USAHA ANDA

MASUK KEDALAM ZONA SUKSES

0 comments:

Posting Komentar